PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN
MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
SISWA KELAS VI SEMESTER GANJIL
SISWA KELAS VI SEMESTER GANJIL
SD NEGERI 4 KAMPUNG BARU TAHUN PELAJARAN
2018/2019
Oleh
Ketut
Alit Saputra, S. Pd. SD
(Guru
SD Negeri 4 Kampung Baru)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa dengan
menerapkan pendekatan saintifik dengan model
pembelajaran problem based learning berbantuan
media manipulatif dalam pembelajaran Matematika
kelas VI semester ganjil
SD Negeri 4 Kampung Baru tahun pelajaran 2018/2019. (Download artikel PTK)
Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa Kelas VI semester ganjil SD
Negeri 4 Kampung Baru tahun pelajaran 2018/2019,
yang berjumlah 46 orang terdiri atas 21
orang laki-laki dan 25 orang siswa perempuan. Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes. Data dianalisis
dengan metode analisis statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 22,
yaitu dari 59 dengan kategori ”cukup” pada siklus I
menjadi 81 dengan
kategori ”sangat baik” pada siklus II, serta peningkatan
ketuntasan belajar siswa dari 33% pada siklus I
menjadi 91% pada siklus II. Dengan demikian
penerapan pendekatan saintifik dengan model
pembelajaran problem based learning berbantuan
media manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar