Jumat, 08 Mei 2020

Artikel

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING  BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
SISWA KELAS VI SEMESTER GANJIL
SD NEGERI 4 KAMPUNG BARU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Oleh
Ketut Alit Saputra, S. Pd. SD
(Guru SD Negeri 4 Kampung Baru)
           

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan  hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran problem based learning  berbantuan media manipulatif dalam pembelajaran Matematika kelas VI semester ganjil SD Negeri 4 Kampung Baru tahun pelajaran 2018/2019. (Download artikel PTK)

            Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VI semester ganjil SD Negeri 4 Kampung Baru tahun pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 46 orang terdiri atas 21 orang laki-laki dan 25 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes. Data dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif kuantitatif.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 22, yaitu dari 59 dengan kategori ”cukup” pada siklus I menjadi 81 dengan kategori ”sangat baik” pada siklus II, serta peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 33% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. Dengan demikian penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran problem based learning  berbantuan media manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar